Layak Ditiru, Inilah 9 Kebiasaan Orang yang Tidak Pernah Jerawatan



Moms, rasanya memang tak mungkin bila seseorang tak pernah mengalami jerawat sama sekali ya.

Tapi sangat mungkin bila ingin meminimalisir pertumbuhan jerawat di wajah.

Apalagi bila Moms ingin selalu tampil cantik sempurna tanpa jerawat di wajah.

Untuk itu Moms perlu mempertahankan kulit yang bersih, dan merubah kebiasaan bisa menjadi hal pertama yang harus dilakukan.

Berikut ini kebiasaan yang dilakukan orang yang tak pernah berjerawat, yang perlu Moms tiru.
1. Tidak pernah melewatkan mencuci muka


Ingin tahu cara mencegah jerawat?

Moms mungkin mulai dengan mempertimbangkan pilihan pembersih kulit dan seberapa sering menggunakannya, kata Joshua Zeichner, MD, direktur Kosmetik dan Penelitian Klinis dan asisten profesor dermatologi di Gunung Sinai di New York City.

"Meskipun memiliki jerawat bukan berarti Anda kotor, mencuci wajah dapat mengurangi pertumbuhan jerawat menurut studi," katanya.

Menggunakan pembersih kulit yang lembut, yang secara efektif menghilangkan kotoran, minyak, dan riasan dari kulit dapat membantu mempertahankan penghalang kulit yang sehat.

“Kuncinya adalah untuk benar-benar mencuci muka every. single. 

night.Melewatkan kebiasaan mencuci muka harian dapat menyebabkan jerawat karena wajah penuh kotoran, minyak, dan riasan dapat menghalangi pori-pori Anda."

2. Rajin membersihkan smartphone


Tahukah bila layar ponsel ternyata jauh lebih kotor dari yang Moms kira.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa ponsel Anda lebih kotor daripada toilet umum," kata Dr. Zeichner.

"Jika Anda tidak membersihkannya secara teratur dengan alkohol dan menggosok wajah Anda, Anda mungkin mentransfer kotoran itu ke kulit, yang dikombinasikan dengan gesekan, dapat meningkatkan jerawat," katanya.

Dokter kulit yang berbasis di Texas, Ted Lain, MD, menambahkan.
"Membenamkan telepon ke pipi Anda selama beberapa menit dapat menyebabkan tidak hanya menyumbat pori-pori, tetapi juga infeksi dan kemudian jerawat," katanya.

3. Tidak pernah menyentuh wajah mereka


Sering menyentuh wajah dapat menyebabkan jerawat, kata Dr. Zeichner.

"Bersandar di telapak tangan Anda di siang hari dapat menciptakan gesekan pada kulit, menciptakan peradangan dan benar-benar memindahkan kotoran dan minyak yang mungkin terperangkap di pori-pori Anda," katanya.

Solusinya? Jangan lakukan itu!

4. Sering mengganti sarung bantal mereka


Bahkan jika Moms rajin mencuci muka pada malam hari, tidak mengubah sarung bantal secara teratur dapat menyebabkan berjerawat.

Ketika Moms tidak mengganti sarung bantal setiap tiga hari, kotoran dan minyak menumpuk, dan ketika Moms meletakkan wajah ke bantal di malam hari, zat yang menyebabkan jerawat ini dapat menyumbat pori-pori, jelas Betty Rajan, MD, seorang dokter kulit di Fort Worth, Texas.

Jenis sarung bantal tidak terlalu menjadi masalah, tetapi salah satu cara yang membuat dermatologists terbangun dengan kulit yang terlihat lebih muda adalah dengan tidur di sarung bantal yang lembut dan kurang abrasif.

5. Tidak pernah menyentuh, menggaruk, memencet jerawat


Menyentuh bahkan menggaruk jerawat menyebabkan luka terbuka, penyembuhan berkepanjangan, dan kadang-kadang jaringan parut, kata Dr. Lain.

"Selain itu, kita semua memiliki bakteri di tangan kita, oleh karena itu Anda mentransfer bakteri ke wajah Anda dan mengarah ke lebih banyak infeksi."

6. Memerhatikan berat badan mereka


Kelebihan berat badan atau obesitas adalah faktor risiko untuk sejumlah penyakit termasuk penyakit jantung dan beberapa bentuk kanker, dan ada hubungan antara tingkat keparahan jerawat dan obesitas juga.

"Untuk meminimalkan risiko jerawat, pertahankan Indeks Massa Tubuh Anda dalam kisaran ideal dengan berolahraga, makan dengan benar, dan meminimalkan asupan gula," kata Dr Lain.

7. Memerhatikan keseimbangan microbiome tubuh


Mikrobioma adalah kumpulan bakteri, jamur, dan virus normal yang hidup di kulit dan di usus kita.

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa microbiome yang seimbang sangat penting untuk kesehatan kulit.

"Tidak ada satu pun produk perawatan kulit atau suplemen yang benar-benar akan melindungi atau memperbaiki mikrobioma," kata Dr Lain.

Tetapi beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan jerawat cenderung memiliki ketidakseimbangan bakteri usus yang baik dan buruk, dan yang pasti probiotik (seperti Lactobacillus paracasei) dapat meningkatkan fungsi penghalang dan membuat kulit kurang reaktif.
8. Mencuci rambut mereka secara teratur


Semua minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala kita untuk melindungi rambut juga bisa menyumbat pori-pori di wajah dan menyebabkan jerawat, kata Dr. Lain.

"Mencuci rambut membantu menghilangkan kelebihan minyak pada kulit kepala dan rambut, yang meminimalkan minyak di garis rambut dan dahi."

Tetapi hindari produk perawatan rambut berminyak dan berat selama styling, Dr. Zeichner memperingatkan.

"Menyentuh kulit di dahi bisa menghalangi pori-pori dan menyebabkan jerawat."

9. Beralih mengonsumsi susu almond


Orang-orang yang tidak minum susu sapi cenderung tidak mendapatkan jerawat, kata Joel Schlessinger MD, FAAD, FAACS, dokter kulit di Omaha, Nebraska.

Alasannya, Hormon.

“Susu mengandung hormon baik dari sapi dan dari hormon yang ditambahkan untuk produksi susu yang lebih besar,” katanya, “dan bahkan jika susu 'bebas hormon', masih ada hormon alami dari sapi dan ini membuat jerawat menjadi tidak terkendali.”
Studi menunjukkan susu skim mungkin berisiko untuk kulit, bahkan lebih buruk.

Alasan yang tepat untuk hal ini tidak 100% jelas, tetapi mungkin saja susu skim tidak memiliki asam lemak yang baik untuk kulit, yang ditemukan dalam susu.

Sebagai gantinya, cobalah susu almond.




Sumber :nakita.grid.id
Loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==